Biji Selasih

Biji selasih atau Ocimun Basillicum yang banyak digunakan untuk campuran minuman ini bentuknya sangat unik. Warnanya hitam berselimut selaput bening dengan ukuran yang sangat kecil. Selain digunakan sebagai campuran minuman, biji selasih juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Biji selasih memiliki sejarah yang menarik. Di Prancis dan Italia tanaman ini pernah menjadi tanaman kerajaan. Sedangkan di India tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang disucikan karena dipakai dalam upacara keagamaan.

Selasih termasuk tanaman semak tahunan dengan ciri-ciri daunnya tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung daun runcing dan tepinya bergerigi. Baunya harum dan bercabang banyak dengan tinggi sekitar 50 cm sampai 80 cm. Tumbuhan yang tergolong famili Labiate ini sering tumbuh ditempat yang lembab dan teduh serta sering dijumpai tumbuh liar di tepi jalan atau pekarangan. Selasih berbiji keras dengan warna coklat tua. Biji selasih berasal dari tanaman selasih dimana tanaman sejenis adalah kemangi atau di Eropa sering dikenal sebagai basil.

Sebelum digunakan biji selasih biasanya direndam lebih dahulu dalam air dingin hingga mengembang atau bijinya berubah menjadi keputihan bening seperti dibungkus selaput. Setelah ditiriskan, kemudian selasih bisa dicampur dengan es atau puding.

Tanaman selasih sering disebut tanaman serbaguna karena mempunyai banyak sekali manfaat. Selain digunakan dalam minuman yang bermanfaat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan panas dalam, selasih juga mempunyai manfaat lain.

Selasih dapat menghasilkan minyak atsiri atau dikenal dengan nama basil oil. Minyak ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, shampo, dan aroma terapi. Di China, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, gigitan serangga, obat demam, hingga obat kanker. Sedangkan di Indonesia selasih sering digunakan untuk menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, menurunkan panas.

Lebih baik merendam sendiri biji selasih daripada membeli dalam bentuk sudah siap makan. Karena merendam sendiri akan mendapatkan biji yang lebih bersih, murah, dan lebih segar. Jika ingin cepat, dapat direndam dengan air hangat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: