Installisasi WordPress Di Komputer Lokal

Salah satu kelebihan WordPress yang paling saya sukai adalah fasilitas untuk Import dan Export. Import bisa digunakan untuk mengambil file XML dalam bentuk posting dari dalam/luar WordPress, sedangkan Export bisa digunakan untuk membuckup semua posting yang ada di WP. Tidak seperti di Blogspot yang hanya bisa membuckup template, sedangakan posting tidak bisa. Padahal yang paling penting adalah posting kita yang berada di blog. Percuma template kita cantik penuh aksesoris, tapi kalau postingnya hilang ya sama aja gak ada yang mau berkunjung.

Karena WP menyediakan fasilitas Import/Export, maka lebih menyenangkan lagi bila kita bisa mengoperaikan WP tanpa harus OL alias Online atau bagi anda yang berminat untuk membuat domain dan hosting sendiri. Kita tidak perlu keluar biaya banyak kalau kita internetan via Hand Phone dan kita tidak perlu capek keluar rumah harus kewarnet untuk sekedar menaruh satu buah posting saja. Dengan sistem Off line ini yang terpenting kita bisa menghemat biaya. Baru setelah semua posting yang kita buat di komputer lokal selasi kita bisa mengimpornya dari WordPress.com. Installisasi WordPress dikomputer lokal ini sebenarnya digunakan untuk bagi mereka yang mempunyai domain dan hosting sendiri. Tapi bila anda sekedar ingin pembelajaran atau ingin membuat posting yang banyak dan anda malas mondar-mandir ke warnet, apa salahnya anda juga bisa install WP offline di komputer atau latop anda.

Agar WP dapat diinstall di komputer lokal, anda harus melakukan instalisasi PHP dan MySQL karena WP dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpan datanya. Sedangkan untuk web servernya kita gunakan Apache dan untuk modul blog yang akan dikonfigurasi kita pakai WordPress versi 2.7.

Walaupun kesannya banyak konfigurasi yang dibutuhkan, sebenarnya anda cukup men-download dua software saja, yaitu Xampp dan WordPress untuk dapat melakukan installisasi di komputer lokal anda. Untuk melakukan proses installisasi WordPress secara offline yang panjang dikomputer lokal anda, saya akan membagi di beberapa halaman posting blog, dan halaman posting ini sebagai halaman posting utama proses installisasi WP offline.

Langkah-langkah melakukan Installisasi WordPress di komputer lokal secara offline adalah sebagai berikut dan anda wajib mengikuti langkah-langkahnya urut dengan nomor:

  1. Download dulu Xampp dan modul WordPress terbaru.
  2. Install Xampp di komputer lokal anda.
  3. Aktifkan Server Xampp yang telah anda install.
  4. Installisasi Database.
  5. Install modul WordPress  di lokasi server Xampp.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: