Setting Internet di Linux

Modem Huawei E630 dengan SIM Card IM3, pasang di laptop dengan Operation System PCLinuxOS dan Modem langsung terdeteksi denagn baik, namun setingan operator tidak terdeteksi, karena di database PC Linux OS yang ada operator-operator Eropa dan lainnya. Ok biar tidak penasaran bagamana cara setting koneksi internet menggunakan Huawei E630 dengan operator indonesia, nah ini langkah-langkahnya :

  1. Setelah masuk ke desktop PCLinuxOS, pada taskbar KDE klik icon Control Center, setelah Control Center terbuka maka klik Set Up a new network interface (LAN, ISDN, ADSL,….).
  2. Kemudian muncul kotak dialog baru, dan pilih GPRS/Edge/3G, klik tombol next.
  3. Pada halaman berikutnya akan terdeteksi modem yang kita pasang, biarkan dan langsung klik tombil next.
  4. Biasanya untuk setting pertama kita diminta memasukan kode PIN operator yang kita gunakan, kode PIN biasanya menggunakan kode standard yaitu 1234.
  5. Selanjutnya memilih operator yang kita gunakan, karena di PCLinuxOS tidak terdaftar operator indonesia maka kita gunkan setingan manual dengan memilih opsi Unlisted – Edit manualy dan klin tombol next.
  6. Pada halaman berikunya pilih juga opsi Unlisted – Edit manualy dan klin tombol next.
  7. Halaman berikutnya adalah Access Settings, karena saya menggunakan IM3 Durasi maka settingannya sebagai berikut.Access Point Name : indosatgprs
  8. Account Login (user name) : indosat@durasi
    Account Passwod : indosat@durasi
    Access Settings ini bisa dirubah sesuai operator dan jenis paket koneksi.
  9. Setelah klik tombol Next, maka halaman berikutnya adalah setting conection control, apakah akan koneksi otomatis saat komputer dinyalakan atau tidak, dan klik tombol next.
  10. Kemudian apakah akan memulai koneksi sekarang, jika ya pilih opsiYa, dan tunggu sampai koneksi internet tersambung.
  11. Jika muncul Tooltips Network Connection di systray berarti koneksi internet sudah berhasil, dan kita siap berselancar di dunia maya.

Sekedar tambahan, untuk koneksi selanjutnya bisa dengan klik kanan pada NetApplet di systray dan pada menu popup pilih Connect ppp0, tunggu sampai muncul Tooltips Network Connection.

Selamat mencoba

Tinggalkan komentar