Cara Menemukan IP Adress di Linux

Pada Windows, proses menemukan alamat ip bukanlah tugas yang sulit,di Linux bagaimana cara menemukan alamat ip di linux bukanlah pertanyaan yang sulit untuk menjawab. Namun pertama-tama mari kita mencoba mengerti, apa yang merupakan alamat ip?

Bagi anda yang tidak tahu persis penggunaan suatu alamat ip, izinkan saya mencoba menjelaskannya kepada Anda secara detail. Sebuah alamat IP adalah singkatan untuk ‘Internet Protocol’ alamat. Nah, alamat ip 32 bit yang tersimpan dalam format binari, tetapi ditampilkan kepada pengguna dalam bentuk yang dapat dibaca manusia. Hal ini digunakan untuk mengidentifikasi mesin yang berbeda dalam sebuah jaringan. Setiap mesin di sebuah jaringan membutuhkan alamat IP yang unik. Ini membantu dalam transfer data sebagai nomor menetapkan nama mesin, alamat, serta rute. Aspek penting lainnya, 32 bit digunakan untuk IP versi 4 atau IPv4, tetapi dalam kasus IPv6 (IP versi 6) 128-bit yang digunakan untuk menangani komputer dalam sebuah jaringan. ip address biasanya direpresentasikan dalam bentuk xxxx di mana x adalah 8 bit. Ini hanya ide dasar tentang apa itu alamat ip. Dengan banyak pengetahuan, mari kita mencari jawaban untuk pertanyaan yang terkait dengan linux, bagaimana untuk mendapatkan alamat ip di linux.

Cara paling mudah untuk memeriksa alamat ip linux, ketika menggunakan shell bash ketik perintah ifconfig. Pada pengetikan ifconfig Anda tidak hanya dapat memberikan alamat ip, tetapi juga mac address, subnet mask dan informasi lainnya. Jika Anda bingung karena sejumlah besar informasi yang ditampilkan pada pengetikan perintah ifconfig, maka biarkan aku mengatakan kepada Anda bahwa nomor mengikuti eth0 inet addr di bawah adalah alamat ip mesin Anda bekerja. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan perintah ip address show. Pada pengetikan perintah Anda akan mendapatkan output seperti, inet 192.168.1.15/24. Di sini / 24 berarti bahwa subnet mask adalah 255.255.255.0. Demikian pula / 8 akan berarti bahwa subnet mask 255.0.0.0.

Bagaimana Mengganti IP Adress

Mengganti ip address di linux semudah melihat alamat ip. Pada tipe shell bash ketik alamat Ip seperti contoh 192.168.254.8 ifconfig eth0 net mask 255.255.255.0 up. Disini 192.168.254.8 adalah alamat ip yang baru. Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat menetapkan alamat IP untuk sesi khusus ke alamat ip tertentu. Tetapi untuk mengubah alamat ip secara permanen, Anda harus mengubah file konfigurasi dan proses untuk melakukan hal itu tergantung pada versi Linux Anda. Mari saya beri contoh. Untuk mengubah alamat ip secara permanen di Red Hat Linux, login sebagai root dan ketik perintah system-config-network-tui &. Anda sekarang akan melihat teks yang berbasis GUI. Klik pada pilihan untuk memperbesar gambar. Di sini Anda dapat membuat semua perubahan Anda. Anda dapat mengatur kartu antarmuka jaringan anda, menetapkan alamat ip, subnet mask dan default gateway atau Anda bisa langsung memilih pilihan untuk DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) untuk memberikan alamat ip anda secara otomatis.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: