Seluk beluk Bisnis Afiliasi

Sebelum kita melangkah jauh untuk belajar afiliasi baiknya kita kenal dulu apa sih makhluk afiliasi tersebut ? mungkin sudah banyak yang tahu tentang afiliasi ini baik dari search bersama Om Google,Paman Yahoo ataupun Tante MSN. Semuanya mengarah pada satu kesimpulan ataupun kesepakatan bersama bahwa makhluk yang bernama Afiliasi tersebut adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet mau dibolak balik istilahnya maupun penjelasannnya.

jelas tujuan akhirnya adalah tetap dapat uang dari menjual barang orang terserah barang apa saja…

Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.

Bisnis Afiliasi termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya.

Dalam Bisnis Afiliasi, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau afiliasi merchant.Merchant atau afiliasi merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet.

Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa membantu afiliasi merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi.

Nah, orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut ‘afiliasi marketers’ atau afiliator. Kadang-kadang mereka juga disebut ‘associates’ atau ‘program partners’.

Kalau kita mendaftarkan diri pada ‘afiliasi program’ milik afiliasi merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka.Kata lain bagi afiliasi program adalah ‘associate programs’, ‘bounty programs’, ‘referrer programs’, ‘partner programs’ atau ‘revenue sharing programs’. Semuanya sama saja! Hanya beda kata. Saya sendiri lebih senang menyebutnya ” program afiliasi ” karena ini istilah yang lebih umum digunakan para marketer.Okay, selanjutnya mari kita pelajari apa ‘ide’ di balik model bisnis afiliasi ini ?

Ide Di Balik Model Bisnis Afiliasi

Pernah nggak kita bekerja untuk seseorang atau perusahaan dan mendapatkan komisi? Bisnis afiliasi adalah model bisnis semacam itu.

Kalau saya berhasil menjual satu produk yang saya pasarkan, maka si pemilik (affiliate merchant) memberi saya persentase dari hasil penjualan. Dan tentu saja kalau saya tidak berhasil menjual, saya tidak dibayar…… nah kisah yang diatas adalah salah satu contoh bisnis afiliasi

Anda pernah juga diberi uang jasa karena berhasil mendapatkan orang yang bersedia melakukan transaksi bisnis dengan seseorang ?Kalau di dunia nyata biasanya hal ini kita kenal dengan istilah ‘calo’, ‘perantara’ atau ‘broker’.

Contoh lainnya, ada mobil yang akan dijual, kita bantu mencari orang yang ingin membeli mobil tersebut. Kalau kita berhasil mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut, kita biasanya diberi komisi atas jasa kita mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut.

Bisnis Afiliasi kurang lebih juga serupa dengan bisnis itu!.Ada banyak affiliate merchant yang bersedia membayar kalau kita berhasil mendapatkan calon pembeli yang memenuhi kualifikasi mereka. Dalam dunia internet marketing, calon pembeli ini biasa dikenal dengan sebutan “leads” atau “prospects”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: