Memanfaatkan gandum untuk Kesehatan tubuh

Saat ini di Indonesia gandum memang bukan menjadi makanan utama. Namun ternyata gandum mempunyai kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dr Joanne Slavin, dari Department of Food Science and Nutrition pada Universitas Minnesota, Amerika Serikat, menyatakan gandum membantu membentuk tubuh lebih baik karena mengandung berbagai zat gizi rendah lemak yang bisa memperkaya diet sehari-hari, seperti karbohidrat kompleks, serat diet, protein nabati, phytokimia, antioksidan, vitamin, serta mineral. Dalam setiap 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 36 mg kalsium yang bermanfaat menyembuhkan penyakit jantung koroner dan darah tinggi.

Bubur gandum (oatmel) dan sereal merupakan sumber karbohidrat terbaik, karena terbuat dari biji gandum yang diproses dengan tidak menghilangkan sumber seratnya. Penelitian tentang pengaruh pemberian oatmeal terhadap kadar kolesterol (1999) menunjukkan bahwa konsumsi bubur gandum sebanyak 70 gram secara rutin dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Penelitian lain dari American Cancer Society, menunjukkan oatmeal merupakan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan kadar kolesterol HDL. Meskipun ada terapi farmakologi yang lebih cepat untuk menurunkan LDL, namun terapi sereal gandum lebih sehat dan tanpa efek samping. Oatmeal juga memiliki indeks glikemi yang rendah.

Bubur gandum juga sangat baik untuk penderita diabetes karena terbukti bisa menstabilkan tingkat gula darah setelah makan karena kandungan asam fitrat di dalam bubur gandum, serta memberikan efek perlindungan terhadap risiko perkembangan sel kanker usus besar.
Walaupun memiliki banyak senyawa fitokimia, gandum merupakan makanan yang aman dari zat adiktif. Kebanyakan produk oatmeal tidak mengandung bahan adiktif apapun. Bahkan tidak mengandung bahan pengawet maupun pewarna.

Menurut penelitian, 50% perempuan berusia lebih dari 20 tahun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi esensial seperti kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A dan E, serta zat besi dengan mengkonsumsi gandum. Sereal mengandung vitamin A, D, kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang, dan penambah energi berupa zat besi dan vitamin B, serta folic acid, dan vitamin E. Vitamin B yang terkandung dalam gandum utuh akan menstimulasi produksi hormon serotonin. Sebuah hormon dan zat neurotransmitter yang akan mengirim sinyal yang menenangkan ke dalam otak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: