Cara mudah untuk menambah berat badan

Kebanyakan umumnya orang menginginkan tubuh yang ideal dan ramping. Namun jika tubuh terlalu kurus akan menimbulkan beberapa dampak bagi kesehatan. Tubuh yang terlalu kurus cenderung mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. Akibatnya tubuh rentan infeksi, komplikasi bedah, dan pemulihan penyakit yang lama. Kondisi seperti ini dapat dihindari dengan cara menaikkan berat badan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab orang bertubuh kurus yaitu memiliki metabolisme yang cepat, pengaruh faktor genetik, kepribadian, dan lingkungan sekitar, serta beberapa kondisi tertentu yang dapat mempengaruhi tingkat metabolisme atau fungsi kerja dari hormon tertentu. Ada beberapa cara untuk menaikkan berat badan secara sehat antara lain :

1. Kalori

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, vitamin dan mineral tinggi. Selain itu, perlu mengkonsumsi makanan dengan keseimbangan yang tepat. Rasio yang disarankan adalah 60-70% karbohidrat, 10-15% protein dan sedikit lemak.

2. Batasi konsumsi air

Batasi konsumsi air putih setengah jam sebelum dan sesudah makan. Karena terlalu banyak minum air akan membuat perut menjadi kenyang sehingga membuat nafsu makan berkurang.

3. Jus

Mengkonsumsi jus seperti apel, jeruk, atau pisang bisa meningkatkan asupan kalori. Beberapa sumber lemak baik yang berasal dari makanan juga sangat dianjurkan seperti kacang, alpukat, minyak zaitun, dan lemak ikan (salmon dan mackerel).

4. Cemilan

Mengambil beberapa cemilan di antara waktu makan seperti yogurt atau buah-buah kering. Konsumsi susu karena susu mengandung kalori tapi juga nutrisi penting lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral, serta mengandung bakteri yang sehat yang bisa membantu sistem pencernaan.

5. Olahraga

Berolahraga secara teratur karena akan membuat tubuh tetap fit. Kondisi ini bisa membantu mengembangkan otot-otot tubuh yang ramping menjadi lebih berbentuk dan juga dapat meningkatkan nafsu makan.

6. Berpikir positif

Pikiran yang positif dapat mempengaruhi pola makan dan juga proses pencernaan yang terjadi.

7. Cukup istirahat

Istirahat malam yang ideal adalah 7-8 jam sehari secara teratur.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: