Kegunaan wortel untuk kesehatan mata

Selama ini kita sering mendengar tentang khasiat wortel untuk kesehatan mata. Memang anggapan ini benar, namun juga ada salahnya. Selama ini orangtua sering menyuruh anaknya untuk mengkonsumsi wortel karena dipercaya dapat membuat mata menjadi sehat. Faktanya wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual seseorang yang sudah memiliki penglihatan yang kurang sempurna. Tapi vitamin yang terkandung di dalam wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh.

Wortel mulai terkait dengan kesehatan mata sejak perang dunia II. Pada saat itu pilot pesawat tempur John Cunningham memiliki penglihatan terbang yang bagus di malam hari setelah mengkonsumsi wortel secara rutin. Akhirnya banyak orang mengkonsumsi wortel agar bisa memiliki penglihatan yang sempurna.

Wortel mengandung senyawa beta karoten yaitu suatu zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A (salah satu gizi penting untuk kesehatan mata). Senyawa beta karoten adalah pigmen karotenoid yang ditemukan pada sayur dan buah-buahan yang berwarna oranye. Beta karoten ini merupakan precursor penting bagi pembentukan vitamin A. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A ekstrem bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan di beberapa negara berkembang, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan.
Selain itu kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan Xeroftalmia yaitu kondisi mata tidak bisa lagi memproduksi air mata, mengalami kekeringan di mata, pembengkakkan kelopak mata dan gangguan kornea.

Namun jika gangguan mata yang dialami bukan disebabkan karena kekurangan vitamin A, maka kondisi penglihatan tidak akan berubah meskipun seseorang mengkonsumsi wortel dalam jumlah besar.

Wortel bukan satu-satunya sayuran yang mengandung beta karoten. Makanan lain seperti ubi jalar, mangga, aprikot, dan labu juga mengandung beta karoten. Selain itu susu, keju, kuning telur juga mengandung beta karoten.

Ubi jalar, mangga, apricot, dan labu juga mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama lutein. Makanan yang mengandung banyak lutein dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam macula yaitu daerah berwarna kuning yang berbentuk oval dan terletak di dekat retina mata. Semakin besar kepadatan pigmen dalam macula, maka retina mata akan semakin terlindungi dengan baik dan mengurangi resiko degenerasi macula.

Jadi jika gangguan mata disebabkan karena kekurangan vitamin A maka mengkonsumsi wortel bisa membantu memperbaiki kesehatan mata. Namun jika tidak disebabkan karena kekurangan vitamin A, mengkonsumsi wortel tidak akan memberikan pengaruh. Namun tidak ada salahnya jika mengkonsumsi wortel untuk memenuhi asupan vitamin A bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: