Cara diet agar berhasil

Berbagai cara dilakukan orang untuk menurunkan berat badan namun cara yang digunakan salah dan justru menggangu kesehatan. Banyak alasan mengapa orang ingin diet mulai dari alasan kesehatan agar bentuk badan proposional atau hanya sekedar iseng.
Hal utama yang harus dilakukan ketika nada akan melakukan diet adalah mengetahui gaya makan yang benar apakah terlalu banyak dan terlalu sering tanpa diimbangi gerak badan atau aktivitas yang bisa membakar kalori. Terkadang kebiasaan makan dalam porsi besar, sesudah makan hanya diam saja tanpa aktivitas.

Sering makan makanan berkalori tinggi seperti makanan manis, berlemak yang sulit dikontrol sehingga memicu penimbunan lemak dalam tubuh. Para pakar kesehatan tidak melarang mengkonsumsi makanan manis dan berlemak namun harus diimbangi dengan aktivitas fisik. Ada beberapa poin-poin yang harus diperhatikan saat diet :

1. Temukan penyebab mengapa makan terlalu banyak

Kebanyakan orang-orang makan dengan porsi yang banyak dipicu oleh stress, bosan, kesepian, marah, dan emosi lain. Karena itu belajar mengkontrol emosi sangat penting. Orang yang sering berolahraga namun tidak bisa mengontrol emosi dengan baik, tidak akan memberi efek diet jangka panjang. Dengan mengontrol emosi dengan baik maka seseorang juga bisa mengontrol pola makan sekaligus menurunkan berat badan.

2. Olahraga penting untuk menurunkan berat badan

Cara ini bukan hal yang baru namun olahraga yang rutin sangat memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badan. Carilah cara berolahraga yang anda sukai dan membuat anda nyaman untuk melakukan sehingga anda akan lebih mudah untuk melakukannya. Olahraga tidak harus mahal bisa dengan berjalan kaki. Olahraga yang paling cocok untuk diet adalah lari, bersepeda, dan berjalan kaki. Waktu yang paling baik adalah pagi hari karena bisa membangkitkan semangat dan membakar kalori lebih banyak. Lakukan selama 10-30 menit sehari dan 3-5 kali satu minggu.

3. Deteksi rasa lapar dengan air hangat

Rasa lapar yang timbul terkadang bukan disebabkan oleh tubuh yang memerlukan nutrisi. Jika timbul rasa lapar cobalah minum air putih hangat. Jika setelah minum rasa laparnya hilang, maka anda tidak perlu makan. Tapi jika tetap merasa lapar, itu berarti tubuh memang membutuhkan nutrisi dari makanan.

4. Mengatur pola makan yang benar

Pola makan saat diet memang harus dijaga, tapi orang sering salah dalam mengartikan pola makan untuk diet. Seseorang tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang, serat dan protein. Namun harus tetap memperhatikan makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti makanan berlemak, daging merah, makanan yang digoreng. Sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas serta mencegah orang konsumsi camilan dan usahakan tidak makan 1-2 jam sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: